Tingkatkan Kapasitas Petugas Menuju Pelayanan Publik Berbasis HAM, Rutan Siak Jalin Kerjasama dengan SLB Negeri Siak untuk Berikan Pelatihan Bahasa Isyarat

Topikutama.Com | Siak Sri Indrapura – Dalam rangka meningkatkan kualitas Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Siak Sri Indrapura Kanwil Kemenkumham Riau melakukan perjanjian kerjasama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Siak untuk memberikan pelatihan bahasa isyarat kepada petugas Rutan Siak, Jumat (14/6/2024).

 

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan yang dilakukan antara Kepala Rutan Siak, Tonggo Butarbutar, S.H., M.H. dan Kepala SLB Negeri Siak, Watini, S.P.d. yang disaksikan oleh jajaran staf Rutan Siak.

Dalam sambutannya, Kepala Rutan Siak, Tonggo Butarbutar menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan salah satu upaya Rutan Siak untuk mewujudkan Pelayanan Publik berbasis HAM (P2HAM).

“Dengan pelatihan bahasa isyarat ini, diharapkan petugas Rutan Siak dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada saudara-saudara kita penyandang disabilitas tuna rungu wicara. Karena Rutan Siak merupakan instansi pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan publik baik itu kepada masyarakat pengunjung maupun warga binaan” ujarnya.

Tonggo juga berpesan kepada jajarannya untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya agar dapat meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Mari kita manfaatkan kesempatan yang sangat berharga ini untuk menambah kemampuan kita dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terkhusus kepada kelompok rentan yang diantaranya yaitu penyandang disabilitas” pesan Tonggo.

Sebelumnya Kepala SLB Negeri Siak, Watini, menyampaikan terimakasih kepada Kepala Rutan Siak dan jajaran karena sudah mengundang SLB N Siak untuk membagikan ilmu yang mereka tekuni. Ia mendukung penuh peningkatan kualitas layanan di Rutan Siak agar dapat mewujudkan P2HAM tersebut.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan Sistim Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) oleh guru SLB N Siak, Chessy Damanik, S.Pd kepada 10 orang petugas yang terdiri dari petugas PTSP, Duta Layanan, dan juga Tim Medis Rutan Siak. Materi yang disampaikan yaitu pelatihan dasar seperti pengenalan huruf-huruf SIBI, dan gerakan-gerakan yang dilakukan dalam memberikan pelayanan. Para petugas Rutan Siak telihat antusias mengikuti kegiatan ini yang terlihat dari kesungguhan dan keseriusan mereka menghafal huruf-huruf dan gerakan-gerakan tersebut.

Diharapkan dengan dilakukannya perjanjian kerjasama dan pelathan bahasa isyarat ini dapat meningkatkan kapasitas petugas Rutan Siak untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga sesuai dengan prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *